Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Ekuitas Merek

Menurut Aaker dalam Buil & Martinez (2013), ekuitas merek dapat dikelompokkan dalam lima dimensi yakni kesadaran merek, asosiasi merek, persepsi kualitas, loyalitas merek, aset-aset hak milik merek yang lain yang mewakili aset merek seperti paten, dan saluran distribusi.

Apa yang dimaksud dengan ekuitas merek dan contohnya?

Ekuitas merek atau brand equity adalah seperangkat aset dan liabilitas merek (brand) yang berkaitan dengan suatu merek produk, nama atau simbol yang mampu mengurangi atau menambah nilai yang diberikan oleh produk tersebut, baik pada perusahaan maupun pelanggan.

Ekuitas merek apa saja?

Empat dimensi ekuitas merek

  • Pengetahuan akan merek (brand awareness)
  • Kualitas yang dipercaya dikandung sebuah merek (perceived quality)
  • Asosiasi-asosiasi (brand association)
  • Kesetiaan merek (brand loyalty)

Apa yang dimaksud ekuitas merek dan ekuitas pelanggan?

Ekuitas merek terdiri dari loyalitas merek, kesadaran merek, kesan kualitas dan asosiasi merek (Aaker, 1997). Ekuitas pelanggan meliputi customer retention, customer acquisition dan add on sales. Hal ini berarti aktivitas pemasaran lebih memberikan fokus pada relationship dari pada sekedar transaksi.

Apa fungsi dan manfaat dari ekuitas merek?

Ekuitas merek menguatkan program memikat para konsumen baru atau merangkul kembali konsumen lama. Promosi, memberikan insentif untuk mencoba rasa baru atau kegunaan baru akan lebih efektif jika merek itu dikenal dan jika tidak ada kebutuhan untuk mengurangi kebimbangan konsumen terhadap kualitas merek.

Apa perbedaan ekuitas merek dengan nilai merek?

Ekuitas merek berasal dari recall value, sementara nilai merek didasarkan pada kejelasan, diferensiasi, keaslian, komitmen, kejelasan merek, konsistensi, kinerja merek, dan sebagainya. Ekuitas merek menunjukkan keberhasilan merek, sedangkan nilai merek mewakili total nilai finansial (penjualan) merek di pasar.

Mengapa penting membangun ekuitas merek?

Nilai ekuitas brand yang tinggi akan mampu memperbesar peluang keberhasilan program pemasaran untuk menarik pelanggan baru maupun meraih kembali pelanggan lama. Penyebabnya kemungkinan besar berkat kehadiran kompetitor yang lebih terkenal yang dapat meningkatkan keefektivan sebuah promosi produk.

Kenapa perusahaan perlu meningkatkan ekuitas merek?

Ekuitas merek yang tinggi membuat bisnis menjadi lebih stabil. Hal ini disebabkan oleh kesetiaan konsumen yang membuat pendapatan perusahaan tetap stabil dan lebih tinggi dibandingkan pendapatan perusahaan yang lain.

Bagaimana ekuitas merek dibangun?

Ekuitas merek dapat dibangun dengan menciptakan struktur pengetahuan merek yang tepat untuk konsumen yang tepat. Proses ini bergantung pada semua kontak yang berhubungan dengan merek (baik dilakukan oleh pemasar maupun bukan).

Bagaimana peran dan ekuitas merek dalam pemasaran?

Ekuitas merek merupakan salah satu faktor yang mampu mensugesti keputusan pelanggan dalam hal memilih dan membeli sebuah produk. Dengan ekuitas merek yg tinggi, Anda akan menerima loyalitas atau kesetiaan pelanggan. Hal ini karena ekuitas merek mampu membuat konsumen percaya pada kualitas produk Anda.

Faktor faktor apa saja yang mempengaruhi brand equity?

Faktor-faktor yang mempengaruhi ekuitas merek antara lain adalah kesadaran merek, persepsi terhadap kualitas, asosiasi merek dan loyalitas merek.

Bagaimana menciptakan dan mempertahankan ekuitas merek?

Cara Membangun Brand Equity dengan Mudah

  • Membangun brand identity. Langkah utama yang perlu dilakukan untuk membangun ekuitas brand ialah dengan membuat brand identity terlebih dahulu.
  • 2. Tentukan nilai dari brand. ...
  • 3. Ciptakan perspektif pelanggan yang positif. ...
  • 4. Bangun ikatan mendalam dengan pelanggan.

Apa saja empat dimensi dari ekuitas merek sebutkan?

2. Empat dimensi brand equity : brand awareness, brand association, perceived quality, dan aset merek lainnya, dapat mempengaruhi alasan pembelian, bahkan seandainya brand awareness, brand association, dan perceived quality tidak begitu berpengaruh dalam proses pemilihan brand, namun ketiganya tetap dapat mengurangi

Apa saja yang menjadi elemen pembentuk ekuitas merek?

Ekuitas merek mempunyai unsur-unsur pembentuk yaitu brand association (asosiasi merek), brand awareness (kesadaran merek), perceived quality (persepsi kualitas), brand loyalty (loyalitas merek). Unsur-unsur inilah yang akan mempengaruhi perilaku konsumen terhadap merek tersebut.

Bagaimana cara mengukur ekuitas merek?

Ekuitas merek (brand equity) adalah kapitalisasi pasar perusahaan yang tidak ditentukan oleh jumlah aset, kewajiban, pendapatan atau hak paten. Pada perhitungan sederhananya, brand equity adalah jumlah total nilai pasar perusahaan dikurangi setiap faktor yang dapat diukur.

Bagaimana pengaruh ekuitas merek terhadap keputusan pembelian?

Menurut Rangkuti (2002:42), ekuitas merek menjadi pertimbangan konsumen dalam keputusan pembelian. Hal ini disebabkan bahwa ekuitas merek mampu membentuk persepsi konsumen tentang suatu produk yang diyakini memiliki kualitas yang lebih tinggi daripada produk lain.

Apa keuntungan dan manfaat dari merek yang mempunyai ekuitas mereknya tinggi?

Ketika sebuah perusahaan memiliki ekuitas merek yang kuat dan positif, maka konsumen akan rela membayar produknya dengan mahal walaupun ada kompetitor dengan produk serupa dengan harga yang lebih murah.

Mengapa sebuah perusahaan harus membangun ekuitas merek dalam menghadapi kompetisi persaingan dengan perusahaan lain?

Ekuitas merek penting karena bisa memperkuat merek di pasaran dan membuat konsumen selalu mengingat merek tersebut. Brand equity bisa meningkatkan loyalitas konsumen terhadap merek produk. Ekuitas merek berperan untuk memberi kredibilitas pada produk lain dari merek serupa yang dikeluarkan perusahaan.

Bagaimana membangun merek yang kuat agar mendapat posisi yang kuat dimata konsumen?

  1. Riset dan tentukan tujuan bisnismu. Langkah pertama yang perlu kamu lakukan ketika ingin membangun brand bisnismu yaitu riset, riset, dan riset.
  2. 2. Tentukan calon pelanggan. ...
  3. 3. Jadilah yang paling unik. ...
  4. 4. Tentukan nama brand. ...
  5. Tentukan slogan. ...
  6. 6. Desain logo brand. ...
  7. 7. Terapkan brand pada semua saluran bisnis.

Bagaimanakah strategi penetapan merek yang tepat?

Keputusan Penetapan merek Ada empat strategi umum dalam menetapkan merek a) Nama individual b) Nama keluarga dan selimut c) Nama keluarga terpisah untuk semua produk d) Nama korporat digabungkan dengan nama produk individual Page 3 3 Keunggulan dan Kekurangan Perluasan Merek Keunggulan perluasan merek 1. Dapat

Post a Comment for "Pengertian Ekuitas Merek"